TUGAS
SOFTSKILL KEWIRAUSAHAAN
ASPEK
DESAIN PRODUK

Disusun
Oleh :
Nama
/ NPM : Harlis
Aryatama Pradipta / 33416226
Kelas : 4ID11
Mata
Kuliah :
Kewirausahaan #
Dosen : Dini Tri Wardani
LABORATORIUM
TEKNIK INDUSTRI
JURUSAN
TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
BEKASI
2019
Desain Produk
Desain
produk adalah konseptualisasi ide tentang produk dan transformasi ide menjadi
kenyataan. Untuk mengubah ide menjadi kenyataan, sebuah spesifikasi tentang
produk disiapkan. Spesifikasi ini disiapkan dengan mempertimbangkan berbagai
kendala seperti proses produksi, harapan konsumen, dan sebagainya. Dalam tahap
desain produk sampai keputusan akhir mengenai produk, setiap aspek produk
dianalisis. Keputusan ini dapat berupa aspek apa pun yang terkait dengan
produk, misalnya dimensi dan toleransi, jenis bahan untuk setiap komponen, dan
sebagainya.
Dalam
kaitannya dengan sebuah produk, pengertian desain produk adalah proses kreasi sebuah produk yang
menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai
tambah bagi masyarakat.
Urgensi Desain Produk Bagi Perusahaan
Desain produk juga merupakan proses pembentukan
dan pengembangan ide yang efisien dan efektif dalam rangka menciptakan produk
baru. Desain produk mencakup semua pekerjaan desain teknik dan industri yang
digunakan untuk mengembangkan produk, mulai dari konsep awal hingga produksi,
dan akhirnya mengubahnya menjadi penemuan nyata sebuah produk.
Produk desainer berperan menggabungkan seni, ilmu
pengetahuan, dan teknologi untuk menciptakan produk-produk baru yang lebih baik
dan bermanfaat bagi masyarakat. Dasar pemikiran sebuah produk dibuat adalah
bertujuan untuk memberikan solusi dan manfaat bagi kebutuhan manusia. Inovasi
dan pengembangan produk dalam desain produk akan menghasilkan sesuatu yang baru
dan menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Sehingga membuat perusahaan
menjadi pelopor dan bisa memenangkan persaingan di pasar.
Pengertian Desain
Produk Menurut Para Ahli
Beberapa
ahli di bidangnya telah mendefiniskan tentang definisi desain produk, antara
lain :
1.
Yus R Hadjadinata (1995) menyatakan bahwa desain produk berkaitan dengan bentuk dan fungsi.
Disain tentang bentuk berkaitan dengan perencanaan dan penampilan dari produk.
Sedangkan desain tentang fungsi berkaitan dengan bagaimana produk dapat
digunakan.
2.
Suyadi Prawirosentono (1996), desain produk adalah rancang bangun dari suatu produk yang akan
diproduksi.
3.
Bagas Prastyowibowo (1999), desain produk adalah salah satu unsur untuk memajukan industri agar
produk hasil industri tersebut dapat diterima oleh masyarakat, karena produk
tersebut memilikii kualitas baik, harga terjangkau, desain menarik, mendapatkan
jaminan dan lain sebagainya.
4.
Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick
(1999), desain produk merupakan hal yang sangat penting,
karena produk baru dapat menaikan dua kali atau tiga kali omset suatu
organisasi pada suatu waktu.
5.
Imam Djati Widodo (2005), desain produk adalah suatu pendekatan sistematis untuk mengintegrasikan
perencanaan produk dan proses yang berpengaruh, termasuk manufaktur dan
pendukungnya.
Konsep Desain Produk
Setiap perusahaan yang menghasilkan produk hampir
selalu dihadapkan dengan persaingan dari perusahaan lain. Agar dapat bersaing
secara jangka panjang maka kualitas produk merupakan konsep penting yang harus
dipahami manajemen perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Konsep
desain produk secara singkat adalah sebagai berikut :
1.
Penelitian dan pengembangan (Research
& Development) : Penelitian adalah dasar untuk
pencarian pengetahuan baru. Meskipun tidak berpengaruh secara langsung, tetapi
berdasarkan penelitian, produk baru dapat dikembangkan di masa depan.
Penelitian dapat diterapkan untuk mengembangkan produk secara komersial.
2.
Rekayasa terbalik : adalah proses pembongkaran suatu produk, memahami desainnya dan
mengembangkan suatu produk yang lebih baik daripada yang sudah ada.
3.
Penggunaan sistem perangkat lunak untuk mengembangkan model terkomputerisasi dari produk baru dan
menganalisis parameter desainnya.
4.
Perlu pendekatan secara sistematik untuk
mengintegrasikan semua proses desain produk dan proses-proses pendukungnya. Desainer harus memperhatikan dan mempertimbangkan semua aspek siklus
hidup produk, termasuk di dalamnya aspek kualitas, biaya, jadwal dan kebutuhan
konsumen. Untuk itu perlu adanya pengembangan konsep pasar, desain produk,
pengembangan proses pembuatan, pemilihan dan pengaturan bahan untuk desain baru
yang dilakukan oleh tim berbeda pada saat yang sama. Sehingga menghemat banyak
waktu untuk mengembangkan produk baru. Dalam praktiknya, berbagai konsep
digabungkan dan diterapkan bersama untuk merancang produk baru.
Jenis – jenis Desain
Produk
Jenis jenis desain produk ada dua, yaitu :
- Membuat desain produk yang
benar-benar baru dengan rancangan dan prototype baru yang belum pernah ada
sebelumnya. Berdasarkan penelitian dilakukan inovasi untuk menghasilkan
desain produk baru yang kreatif.
- Memodifikasi atau mengembangkan
desain produk yang sudah ada.
Desain baru berfungsi untuk menyelesaikan masalah terhadap
desain yang ada. Ini terjadi baik melalui produk baru atau variasi dari produk
yang sudah ada.
Tujuan Desain Produk
Desain produk yang baik bertujuan untuk membuat
pengguna merasa nyaman, aman dan mendapatkan manfaat saat menggunakan
produk tersebut. Jadi berkaitan dengan aspek bagaimana pengguna akan
berinteraksi dengan produk tersebut, apakah merasa nyaman, aman, mudah
digunakan, memberikan solusi dan manfaat atas masalah pengguna, sehingga bisa
memberi dampak positif secara emosional. Secara umum tujuan desain produk
adalah :
·
Menghasilkan produk berkualitas yang
mempunyai nilai jual yang tinggi.
·
Untuk menghasilkan produk yang tren pada
masanya sesuai kebutuhan konsumen.
·
Membuat produk seekonomis mungkin tanpa
mengurangi nilai jual, kualitas dan manfaat produk tersebut.
·
Meningkatkan pangsa pasar dan menargetkan
segmen pasar baru.
Fungsi Desain produk
Berikut fungsi desain
produk secara umum :
- Sebagai identitas produk
- Menjadi pelindung produk
- Menambah nilai jual produk
Manfaat Desain Produk
Desain produk dan jasa merupakan faktor penentu kesuksesan suatu
produk/jasa . Menciptakan desain produk/jasa yang baik dapat membawa banyak
manfaat dalam bisnis. Manfaat desain produk antara lain bisa meningkatkan
kinerja, efisiensi, dan nilai produk/jasa, serta dapat mengurangi biaya dan
risiko bagi bisnis Anda.
Dengan desain produk dan jasa yang kreatif dan inovatif.akan membuatnya
lebih menarik dan unik bagi konsumen dan meningkatkan jangkauan produk/jasa
Anda di pasar, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mempercepat
pengembalian investasi Anda. Desain produk dan jasa yang cermat juga dapat
membantu Anda mengurangi biaya produksi, mengoptimalkan penggunaan bahan, dan
meminimalkan pemborosan. Dalam merancang produk yang berupa jasa merupakan tantangan
tersendiri karena jasa umumnya mempunyai karakteristik unik.
Desain produk yang
berupa jasa merupakan cara perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik
kepada konsumen, dengan cara meminimalkan tingkat komplain untuk diantisipasi
oleh perusahaan secara maksimal.
Desain Produk Kemasan
Sebagus apapun kualitas dan desain produk jika
tanpa didukung dengan desain kemasan yang baik maka akan sia-sia. Karena
desain kemasan produk yang menarik, unik dan berkualitas dapat
mempengaruhi konsumen untuk memberikan respon positif yang akhirnya membeli
produk yang dipasarkan. Daya tarik suatu produk tidak bisa terlepas dari
kemasannya, karena kemasan langsung berhadapan dengan konsumen. Bahkan kemasan
bisa menjadi identitas suatu bisnis. Desain kemasan produk yang menarik, unik
dan berkualitas akan menjadi pembeda dari kompetitornya. Melalui desain kemasan
produk, maka perusahaan dapat menyampaikan informasi terkait merek, logo,
kualitas, dan lain-lain. Hal ini juga yang akan menarik perhatian konsumen
untuk jatuh cinta pada suatu produk.
Desain produk kemasan adalah suatu rancangan atas
kemasan pada suatu produk sebagai upaya untuk mendukung pemasaran. Selain
berfungsi untuk membungkus, desain kemasan produk mempunya fungsi lain terkait
pemasaran, yaitu memberi proteksi, sarana komunikasi visual (kesan elegan,
ekslusif, dan berkualitas ), simbol estetika dilihat dari elemen desain (warna,
tipografi, dan komposisi), penegasan identitas, aspek ergonomi (terkait
kenyamanan dan kemudahan dalam pemakaian), penyampaian informasi dan sebagai
wadah pendistribusian.
Desain Produk Industri
Pengertian desain Produk Industri adalah bidang ilmu dalam merencanakan dan
merancang suatu produk untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan
manusia, berdasarkan pada perkembangan prinsip-prinsip industri yang
melingkupinya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Desain produk industri
merupakan salah satu bidang yang termasuk dalam industri kreatif.
Industri kreatif saat ini sedang berkembang pesat di berbagai belahan
dunia termasuk Indonesia. Potensi tersebut memberikan peluang untuk
perkembangan desain produk industri. Sehingga masih banyak dibutuhkan
desainer di bidang Desain Produk Industri .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar